CIAYUMAJAKUNING ENTREPRENEUR FESTIVAL (CEF) 2021 SERI 1

CIREBON – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon kembali menyelenggarakan Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF) 2021. Tahun 2021 ini merupakan tahun ke-6 penyelenggaraan CEF dan kali ini dilaksanakan secara series pada periode bulan April sd Agustus 2021 dimana Seri 1 akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari ini tgl 3 April sd 4 April 2021. Penyelenggaraan CEF 2021 Seri 1 dilaksanakan secara hybrid baik online dan offline, dimana pelaksanaan secara offline dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dengan undangan yang terbatas. CEF 2021 Seri 1 diselenggarakan di Gedung Negara Cirebon yang merupakan salah satu tempat yang memiliki nilai sejarah dan menjadi saksi perkembangan Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Bp. Bakti Artanta menyampaikan bahwa penyelenggaraan CEF 2021 merupakan wujud nyata peran Bank Indonesia di daerah dalam memajukan sektor riil yaitu UMKM dari berbagai sektor dan daerah, selain menjalankan fungsi dan tugas pokoknya dalam menjaga sistem pembayaran dan menjaga stabilitas sistem keuangan. CEF 2021 Seri mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Jawa Barat sebagai host, serta mendukung Karya Kreatif Indonesia (KKI), Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), Festival Ekonomi Digital Indonesia (FEKDI), termasuk Gerakan Nasional Bangga Berwisata Indonesia (GBWI) dan Festival Ekonomi Syariah (FESyar), yang mengusung tema “UMKM Digital Mendukung Pariwisata Ciayumajakuning Unggul“.

CEF 2021 Seri 1 ini merupakan showcase hasil pembinaan kepada UMKM Ciayumajakuning yang dilakukan oleh KPw BI Cirebon berkolaborasi, bersinergi dan kerjasama dengan Dekranasda Cirebon, Stakeholders Utama, Pemerintah Daerah di wilayah kerja, OJK dan Perbankan, Cirebon Berkebaya, LPOM MUI dan pelaku usaha serta Pondok Pesantren.

CEF 2021 Seri 1 kali ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik diantaranya: 1) UMKM Expo (online & offline) yang terdiri dari sekitar 50 pelaku usaha UMKM dari sub sektor kuliner, fashion dan kerajinan, 2) Webinar dan sosialisasi dengan beberapa topik yaitu: 1) webinar terkait motivasi oleh Coach Wulan; 2) webinar marketing digital oleh Musfi Yuliadi sebagai founder pasarmu.id; 3) Sosialiasi Sertifikasi Halal oleh Agus Dewantara Halim (LPPOM MUI); serta 4) Sosialisasi QRIS dan Bangga Rupiah oleh Fajar Sidhiq dari LinkAja dan pegawai KPw BI Cirebon, 4) Business Matching, yang dilakukan dengan beberapa mitra/lembaga/instansi, 5) Pemilihan Duta CEF, yang membawa misi untuk mendukung UMKM, mengajak masyarakat untuk menggairahkan wisata di wilayah Ciayumajakuning, menggaungkan era digitalisasi serta mendukung perkembangan ekonomi syariah, 6) Fashion Show yang menunjukkan produk-produk UMKM unggulan wilayah Ciayumajakuning, serta 7) Penandatanganan Komitmen Perhotelan dalam rangka mendorong peningkatan penjualan produk UMKM di wilayah Ciayumajakuning.

Harapannya, dengan penyelenggaraan CEF 2021 Seri 1 ini dapat memberikan manfaat khususnya terkait dengan pengembangan UMKM di wilayah Ciayumajakuning dan memajukan daerah dan masyarakat di wilayah Ciayumajakuning untuk menjadi masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri.

One thought on “CIAYUMAJAKUNING ENTREPRENEUR FESTIVAL (CEF) 2021 SERI 1

  1. Dwita Apriani says:

    Mari kita sukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia dengan membeli dan menggukan produk lokal (UMKM) di dalam negeri 😘😘😘

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *